Senin, 13 Agustus 2012

Era Digital Menumpulkan Otak?

Saat sedang mendengarkan lagu dari hp, saya tiba-tiba tersadar bahwa kemajuan teknologi yang sekarang serba canggih membuat kita semakin malas dan otak semakin tumpul akibat dimanja oleh berbagai kemudahan fitur. So?

Sebagai contoh, dulu semasa sekolah saya mudah sekali menghafal dan mengingat berbagai judul lagu, siapa penyanyinya dan bagaimana menyanyikan lagunya. Sekarang sejak internet semakin mendunia, saya mengandalkan Google untuk memberikan informasi dan catatan lirik lagu-lagu yang saya mulai lupa. Contoh sederhana saja, dulu saya selalu bisa menghafal nomor-nomor telepon banyak orang yang sering berhubungan dengan saya. Sekarang, karena begitu mudahnya menggunakan smartphone dengan fitur-fitur phonebook yang easy access, saya tidak lagi bisa mengingat meskipun saya ingin. Karena daya ingat saya mulai terlena, terbiasa dengan cara input data hp yang mudah sehingga mengingat sebuah nomor mulai terasa seperti kerja berat... :) Akibatnya, jika hp atau perangkat data saya nge-hang, saya kelimpungan mengingat-ingat nomor telepon orang yang ingin saya hubungi segera. 

Menyadari hal ini, saya bertekad mulai sekarang untuk mulai lagi mengasah daya ingat saya akan hal-hal rinci seperti mengingat tanggal-tanggal ulang tahun, nomor-nomor telepon, password-password berbagai social media yang saya ikuti, dan lain-lain....karena satu-satunya nomor yang saya ingat saat ini hanya pin ATM dan nomor rekening Bank.. :))

"Original blog posting and written by adhinatalia"
search me on any social media using my name
-adhinatalia-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klo menurut teman2 bagaimana? Silakan komen2nya..