Senin, 03 Februari 2014

Blogger Buat Usaha, Bukan Gaya-gayaan.. | Tips Blogging Untuk Usaha Beneran



Tiba-tiba kepingin nulis tentang ini, dengan judul yang rada blak-blakan.. Blogger Buat Usaha, Bukan Gaya-gayaan! Soalnya abis denger curhatan teman yang punya banyak bakat tapi ga maju2 ehh ... dalam artian keuangannya kok mandek.. Padahal jualan tetep jualan, kerja tetep kerja.. Saya jadi geregetan.. karena uangnya untuk biaya hidup keluarganya... masih saja dalam kekurangan, padahal bukan karena gaptek loh!

Saya sudah sering membantu orang untuk memperbaiki taraf hidup dengan memanfaatkan akses internet. Blogging adalah salah satu yang paling utama saya rekomendasikan. Tetapi blogging untuk usaha berbeda dengan blogging untuk curcolan.. Beda juga dengan blogging untuk tutorial, beda dengan blogging untuk adsense, dll, dsb..


Blogging untuk usaha, bisa dimulai dengan modal blog gratisan seperti Blogger. Saya sangat merekomendasikan Blogger sebab cara pakainya yang lebih mudah daripada Wordpress terutama bagi teman2 yang masih awam dengan istilah2 plugin, widget, html, etc

Tapi yang saya bahas disini bukan tutorial cara bikin blog di Blogger melainkan lebih kepada tujuan kegunaannya sebagai showcase jualan. 

Yang pertama perlu diperhatikan, berjualan online itu sama saja lelahnya dengan jualan offline. Bedanya hanya pada jangkauan calon pelanggan yang tak terbatas. 

Bagaimana memulai blog untuk jualan yang benar? Ini dia tips yang bisa saya bagi..

1. Tentu saja mulai membuat blog dengan cara mendaftar dan mengikuti petunjuknya.
Mulai sebuah blog dengan mendaftar dan mengikuti petunjuk yang sudah tersedia dalam bahasa Indonesia. Ga sulit kok untuk memulainya. Biasa aja... 

2. Siapkan nama blog/domain yang sesuai dengan produk yang dijual.
Pada saat ditanya apa nama blognya, isilah dengan nama merk usaha qm atau kata kunci yang sesuai dengan produk jualan qm. Hanya saja buatlah unik agar berbeda dari penjual yang lain. Misalnya: TupoTupperware :D Klo baru mulai dan belom yakin dengan nama blognya ga usah beli domain dulu.. Bikin aja TupoTupperware.blogspot.com gratis!

3. Siapkan foto-foto produk asli milik sendiri bukan comotan dari web orang.
Ini penting, biarpun sederhana fotonya dan ga sebagus hasil jepretan fotografer kondang gapapa... Yang penting ada dulu foto barang yang mau dijual..  dan foto itu milik sendiri, dalam artian ngga nyopet copy-paste foto milik web lain. Ini bisa berakibat blog qm dibuang dari Google jika yang empunya foto asli marah dan melaporkan anda.. Saya termasuk orang yang jengkel jika foto saya diakui orang lain.. :)) Jangan lupa beri watermark pada foto qm agar tidak dikopi juga sama orang lain.. Tentang watermark foto ini nanti saya bahas di tulisan lain.. Yang penting ada foto dulu..

4. Tulis artikel singkat yang menjelaskan produk/jasa yang ditawarkan.
Ga perlu jadi penulis handal yang puistis bak penyair.. yang penting jelaskan dalam tata bahasa yang baik dan sopan hal-hal yang berkaitan dengan produk/jasa yang anda jual.. Misalnya: Alasan kenapa produk ini berguna/bermanfaat untuk dibeli, harganya, ukurannya, warna yang tersedia, dll.. tau dong info mengenai produk anda sendiri? Nah, tuliskan saja... agar pembaca paham dan tertarik.

5. Cantumkan nama, alamat dan nomor kontak yang jelas di web agar mudah dihubungi. 

Percaya deh, biarpun sudah bertahun-tahun saya jualan via blog, dan mencantumkan segala sesuatunya dengan jelas di blog mulai dari kontak personal sampai email dan Whatsapp, tetep aja orang akan telp dan bertanya, "Alamatnya dimana ya??? Emailnya apa ya??? Cara pesannya gimana??? Ada WA???" XD Jadi lupakan dulu button-button canggih untuk sharing dan sebagainya... Untuk pertama, tuliskan saja no telp dan email atau pin bb anda sejelas2nya di halaman utama blog. Orang akan telp atau BBm anda kok. 

Nah dari telepon, silakan ditindak lajuti dengan servis yang baik, jawab yang ramah.. Sabarrrrr... :D Tangkap pelanggan dengan layanan yang baik.. Dengan begitu anda sudah mulai menggunakan blog untuk usaha... 

Beberapa tips tambahan nih... 
  • Untuk pertama pilih desain blog yang sederhana aja, inget.. ini bukan buat gaya-gayaan.. 
  • Klo sudah berjalan baru blognya dibagusin pelan2... ditambahin button2..
  • Belajar SEO lebih dalam.. bisa via buku2 seperti foto saya di atas, itu koleksi buku lama.. Bisa juga lewat kursus2 online.. Saya rekomendasikan +Kelas Pejwan  Ini gurunya terpercaya, baik hati dan tidak sombong serta ilmunya bukan ilmu SEO anak kemaren sore... Ati2, banyak yang nipu.. Blogger2 pemula itu makanan empuk para penipu yang bilang bisa bagusin blognya, naikin rating SEO  dengan biaya sekian2.. 
Segini dulu ya, semoga berguna... Ingat, Blogging Buat Usaha, Bukan Buat Gaya-gayaan... ^^


Isi Blog ini dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta National dan International. Jika dirasa bermanfaat, silahkan mempublikasikan ulang dengan menyertakan link ke artikel asli di blog ini.

4 komentar:

  1. Gaya terjun bebas dari om Nana Rumi ada gak mbk ? wkkkkkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belom adaaaa,,, hehehehe,,, belom pernah ngobrol sama Om Nana... ^^

      Hapus
  2. wis mantep nih ulasannya..saya juga ikutan di Kelas Pejwan :)

    BalasHapus

Klo menurut teman2 bagaimana? Silakan komen2nya..