Selasa, 14 Juli 2009

Mencegah kebakaran dengan sikap pro-aktif? Saya telah membuktikannya subuh tadi!

Lampu yang meredup dan mati-nyala..mati-nyala harus diwaspadai...ini pengalaman saya tadi pagi saat dini hari. Dan ini telah mencegah terjadinya kebakaran yang fatal.
Jangan menganggap remeh percikan api dari kabel listrik yg terputus baik di jalan rumah anda, gang atau dimana pun teman2 melihatnya.

Namun yang lebih penting lagi, jangan bersikap pasif atau menunggu orang lain yang melakukan sesuatu. Pada saat terjadi sesuatu yang membutuhkan penanganan layanan masyarakat seperti PLN (Perusahaan Listrik Negara), janganlah bersikap sebagai costumer yang mengajukan complain dengan kasar atau marah2. Sikap pro-aktif yang tegas namun jelas dan tidak bersifat menyerang akan jauh lebih menguntungkan. Apabila dirasa petugas kurang paham..atau kurang ngeh dengan situasi, coba dijelaskan dg sabar dan singkat, karena petugas jaga malam tentunya harus berjuang juga menahan kantuk sehingga emosi mudah terpancing. Jadi qta-lah yang hrs bersikap bijak. Gak ada ruginya kok...:))

Semalam lampu di rumah meredup sekilas-sekilas..awalnya saya kira mata saya yang kelelahan...karena kebanyakkan menjahit...tapi selang berapa menit kemudian hal itu kembali terulang..meredup sekilas..lagi..lagi...kali ini seisi rumah menyadarinya...ini dimulai dari pukul 11 mlm dan berlangsung terus.

Lalu gak berapa lama kemudian, menjelang pukul 1 dini hari setelah terus menerus redup-terang..redup-terang...akhirnya malah mati lampu...awalnya saya kira akan mati lampu sampai pai...tapi saat mau menyalakan lilin..eh..nyala lampunya..baru senang sebentar..yah...mati lagi dia...asem...!! Sejak itu lampu pun mati-nyala..mati-nyala...mati-nyala...waks! ada apa nih? Karena bingung akhirnya saya keluar rumah dan mulai menteror penerangan 108 untuk minta no. hotline PLN...cieee...pasalnya dial up 123-nya PLN juga gak eksis ternyata...no answer....no line too...bahaya kan? Masa hotline PLN gak bisa dihubungin? Ini kan layanan masyarakat yg cukup vital....Bagaimana jika ada warga yang hendak melaporkan keadaaan ini? Karena terletak di perumahan padat penduduk, listrik yang mati-nyala begini bisa memicu terjadinya konslet arus pendek dan kebakaran bisa jadi head line koran besok...amit2 kan??

Sementara itu tetangga sekitar saya juga mulai terbangun dan menyadari bahwa sebagian rumah juga mengalami gangguan jaringan listrik serupa yang artinya bukan jaringan listrik di rumah saya saja yang error. Ini mencakup beberapa RT. Jadi warga mulai berkumpul termasuk keamanan setempat yang ikut menunggu hasil telepon darurat saya...(oh..pulsaku...:))

Nah, ternyata setelah menghubungi 108 berkali-kali dan berkali-kali diberi nomor yang tidak diangkat...akhirnya ada satu operatornya yang cukup tanggap dan mampu memberikan saya nomor PLN Pusat di Gambir yang diangkat oleh petugasnya. Saat itu waktu menunjukkan pukul 2 dinihari. Oleh petugas jaga disana saya diberi nomor PLN area Cempaka Putih (dimana saya tinggal) yang juga tersambung dan diangkat oleh petugas PLN Cempaka Putih. Akhirnya saya bisa melaporkan hal ini secara kronologis, singkat padat dan memberitahukan juga bahwa warga sudah banyak berkumpul...hehehe...dan tim PLN pun berjanji berangkat memeriksa setelah mencatat data dan alamat saya...

Akhirnya tunggu punya tunggu pun mereka datang juga berdua. Setelah mendengar penjelasan singkat dan melihat kondisi lampu yang mati-nyala di rumah2..maka tekhnisi PLN Cempaka pun memeriksa gardu yang berhubungan dan setelah menunggu beberapa saat lampu pun kembali normal...Asiik....

Sesudahnya saya mendengar dari keterangan petugas keamanan yang mendampingi mereka, ternyata setelah diperiksa ada sirkuit kabel atau sekring yang terputus. Jadi oleh mereka langsung diganti dan diperbaiki....

Nah, bayangkan jika saya hanya bersikap pasif dan menunggu org lain yg menghubungi PLN atau menyerah setelah berulang kali gagal tersambung saat menelepon? Pasti saya akan sangat menyesal jika terjadi kebakaran.....

Sepertinya motto " waspadalah!"-nya Bang napi bukan hanya untuk moment kriminal...tapi cocok di segala bidang...hehehehe...ini nomor2 PLN untuk area Cempaka Putih dan Pusat (Gambir). Untuk area lainnya apabila terjadi gangguan listrik malam hari, silakan menghubungi PLN Pusat di nomor 021-3849301 dan bertanya nomor telepon petugas PLN di area masing2 yg mengalami gangguan listrik. Untuk area PLN Cempaka silakan menghubungi nomor 021-4256446.

"Originally posting and written by adhinatalia"
search me on any social media using my name -adhinatalia-

1 komentar:

  1. Thanks for the info... saya akan lebih aktif dalam hal kecil hehehe...

    BalasHapus

Klo menurut teman2 bagaimana? Silakan komen2nya..