Senin, 16 Agustus 2010

Pemasaran via Internet, bagaimana caranya?

Banyak orang yang belum paham dengan cara-cara memasarkan produk atau jasanya via internet seringkali jatuh kecewa karena feedback yang diharapkan tak kunjung datang seperti bayangan. Ini bukan cuma dialami oleh kita-kita yang berada di Indonesia tapi juga secara global di seluruh dunia. 

Menjual atau menawarkan produk via fasilitas online juga mempunyai tata cara tertentu yang disebut etika dunia maya. Itu artinya bukan hanya sekedar bisa membuat blog atau website yang bagus dan sedap dipandang atau canggih saja, tetapi juga harus belajar cara-cara bergaul dan sekaligus menjalankan trik-trik pemasaran dengan sopan dan tepat sasaran.




Sejujurnya, tampilan Website atau Blog yang cantik terbukti tidak menjadi jaminan bahwa hal itu pasti mendatangkan uang atau pelanggan setia baru. Disini kita bisa melihat contoh bagus dari Blog Marketing Terbaik di dunia versi Blogger's Choice Awards! Dan tampilannya? Menurut saya sama sekali tidak menggairahkan untuk disimak...namun hasil yang dicapai Blog ini ternyata luar biasa bukan? Poin utamanya adalah konten. Ya! Para pengunjung blog itu merasa isi blog tersebut sangat variatif, berguna dan cukup lengkap, itu sebabnya mereka mengunjungi dan memilihnya.


Walaupun saya termasuk orang yang memilih tampilan blog oke dengan konten oke,...hehehe....saya pribadi menemukan bahwa isi Blog ini memang cukup informatif dan bermutu. Dalam artian bukan blog yang memindah-mindahkan orang dari link ini ke link anu. Ditambah dengan adanya kelengkapan tombol-tombol interaktif / buttons yang memudahkan pengunjung untuk menghubungi si empunya blog dan sebaliknya. Banyak blog cantik yang melupakan bahwa interaksi dengan pengunjung adalah sumber feedback yang paling dashyat. Bagaimana pelanggan mau memesan jika menghubungi pemiliknya saja sulit?



Selain kedua hal itu di atas; Tampilan Blog/ Desain Web dan Tombol-tombol Interaktif, hal ketiga yang juga merupakan hal yang ter-penting dari semuanya adalah konten/ isi blog itu sendiri. Pengunjung yang berselancar di dunia maya khususnya yang diharapkan menjadi konsumen biasanya bukan orang yang dapat berlama-lama di depan internet. Kebalikan dari para marketers yang justru harus berlama-lama surfing, para costumer itu sendiri justru orang-orang yang biasanya amat sibuk. Terlalu sibuk hingga mereka memerlukan bantuan Google untuk mencarikan mereka informasi tentang berbagai hal yang mereka butuhkan, menyeleksinya dan menghubungi untuk melakukan negosiasi pembelian. Jadi apa yang mereka perlukan adalah jawaban yang selengkap-lengkapnya tentang produk atau jasa yang mereka cari. Informasi!


Blog Businessvartha ini menyediakan semua itu. Lihat saja potongan tampilan blog tersebut di atas dengan diagram balon SEO-nya yang menarik dan mudah dimengerti. SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimazation atau artinya "pengoptimalan mesin pencari". Yang disebut mesin pencari salah satunya yang paling banyak digunakan adalah Google dan Yahoo!. SEO sendiri adalah pengetahuan mengenai bagaimana kita bisa membuat blog atau web kita jadi mudah ditemukan oleh mesin-mesin pencari tersebut sehingga saat pelanggan mengetikkan apa yang mereka perlukan, mereka menemukan kita! Inilah kunci ke-4 dari pemasaran online dan Nomor dua terpenting setelah konten.

Mempelajari tentang SEO tak ada batasannya karena terus berubah seiring kemajuan teknologi dan persyaratan masing-masing mesin pencari. Namun keempat poin yang sudah saya beritahukan tadi pada teman-teman adalah langkah awalnya! :)

Next time saya akan coba membahas beberapa cara kunci dan rahasia SEO ini. Salah satunya adalah kita tidak perlu selalu menjadi nomor 1 di Google atau Yahoo! untuk mendapatkan pelanggan....:)) 

Jadi tetaplah mengunjungi blog ini, mengisikan alamat Email di kotak yang tersedia atau membuat Link Posting ke artikel ini adalah salah satu cara termudah dan paling praktis guna mendapatkan kabar terbaru  via email  kalian tanpa harus bolak-balik mengecek blog ini.

"Original blog posting and written by adhinatalia"
search me on any social media using my name
-adhinatalia-

Jumat, 11 Juni 2010

Human Trafficing atau Penjualan Manusia, bagaimana hukumnya?

Belakangan ini marak event yang mendukung aksi "No Human Trafficking" atau "Tidak Memperdagangkan Manusia". Sedikit demi sedikit masyarakat kini mulai sadar akan adanya penjualan bayi, anak-anak, pria dan wanita yang kebanyakan merupakan korban penipuan dan penculikan. 

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Human Trafficing/ Trafiking? 
Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mendefinisikan trafiking sebagai: Perekrutan, pengiriman, pemindahan, penampungan, atau penerimaan seseorang, dengan ancaman, atau penggunaan kekerasan, atau bentuk-bentuk pemaksaan lain, penculikan, penipuan, kecurangan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan, atau memberi atau menerima bayaran atau manfaat untuk memperoleh ijin dari orang yang mempunyai wewenang atas orang lain, untuk tujuan eksploitasi. (Protokol PBB tahun 2000 untuk Mencegah, Menanggulangi dan Menghukum Trafiking terhadap Manusia, khususnya perempuan dan anak-anak; Suplemen Konvensi PBB mengenai Kejahatan Lintas Batas Negara) [dikutip dari web www.stoptrafiking.or.id].


Semua hal penting lainnya yang berkaitan dengan informasi resmi dan keterangan mengenai perdagangan manusia bisa dibaca di website tersebut di atas. Apa yang ingin saya himbaukan hanyalah kesadaran bahwa bila kita mengetahui sebuah kasus atau menjadi korban penipuan yang berkaitan dengan trafiking, namun awam soal hukum sebaiknya segera melaporkan pada Lembaga Bantuan Hukum yang bisa dipercaya atau KPAI ( Komisi Perlindungan Anak Indonesia ) di Jl. Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Ada banyak pasal yang cukup jelas baik dalam UU Perlindungan Anak maupun UU Nasional, Daerah dan Internasional yang bisa diterapkan untuk menjerat para pelaku Trafiking. 

"Original blog posting and written by adhinatalia"

Kamis, 10 Juni 2010

Cari Kerja sebagai SPG atau tenaga honorer?



 Klo kebetulan kalian sedang pusing mencari lowongan kerja sebagai Sales Promotion Girl ( SPG ) atau staff outlet dan butuh segera, mungkin lebih cepat jika kalian membawa lamaran dan berjalan ke Mall-Mall atau ITC terdekat daripada mengirimkannya via pos ke PO Box.

Sekarang ini banyak sekali outlet-outlet yang memasang pemberitahuan lowongan dengan cara menempelkannya di dinding etalase mereka. Jadi ga ada salahnya jika dicoba..:))
Bulan Juni ini PRJ Jakarta pun dibuka kembali seperti biasanya setiap tahun, cobalah mencari tahu kalau-kalau ada yang membutuhkan tenaga honorer.

Cara ini selain menghemat uang, juga waktu karena biasanya jawabannya segera didapat. Sejauh ini saya melihat cukup banyak dan cukup sering...Jika ternyata gaji dan jam kerja tak sepadan, mungkin bisa dijalani sebagai batu loncatan sampai mendapat yang lebih baik...

Bagaimana pun juga, hidup harus dijalani bukan?
Semangatlah dan berusahalah.
Goodluck!

"Original blog posting and written by adhinatalia"
search me on any social media using my name
-adhinatalia-