Senin, 18 Februari 2013

Small Business, Smart Business

Small Business yang saya maksud disini ialah usaha kecil yang klo diumpamakan usaha rumahan mungkin malah belum bisa masuk standar kategori UKM. Usaha rumahan ini bisa berupa apa saja baik memiliki karyawan ataupun dijalankan sendiri. Misalnya Jahitan, Kerajinan Tangan, Perhiasan Kawat buatan tangan, bikin e-book, bikin pelatihan online, les/kursus dan lain sebagainya.
Dulu, usaha-usaha begini hanya bisa dipromosikan via mulut-ke mulut seputar tetangga, saudara dan kenalan kerja.  Klo mau lebih luas bisa pasang iklan konvensional di koran atau majalah bulanan setempat.

Sekarang, rasanya bukan jamannya lagi gaptek alias gagap teknologi. Hampir setiap sudut kota dipenuhi oleh para pengguna smartphone bahkan di kota-kota kecil. Sehingga banyak usaha kecil bisa terbantu dengan menjajal promosi via internet. Nah, ini yang mau saya bahas. 

Small Business kini bukan mustahil berkembang jadi besar. Adanya fasilitas internet membuat segala promosi menjadi luas dan tak terbatas jangkauannya. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menjalankan metode Smart Business. Usaha yang dikelola secara smart/cerdas dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Caranya? :
  1. Manfaatkan social media seperti Facebook, Twitter, Youtube, etc.   
  2. Buat profil usaha yang menarik di Blogger, Multiply atau Facebook Page.
  3. Display foto-foto barang jualan dengan cantik dan rapi, beri kode per item.
  4. Bagi yang menawarkan jasa profesional, buatlah biodata yang jelas dan sertakan portfolio.
  5. LinkedIn adalah salah satu komunitas web yang terkemuka untuk memajang biodata.
  6. Perluas relasi dan pertemanan dengan cara Blogwalking.
  7. Fokus pada usaha anda, jangan tergiur mencari fast money online sebelum stabil.
Nah, bila ada yang belum dimengerti silakan browsing saja caranya via Google ya.. secara sekarang semua ada penjelasannya di Google. Dengan mempelajari semua itu dan menerapkan Smart Business, qt bisa menghemat waktu dan memaksimalkan penghasilan. We can have more quality time for family in particular. :)

"Original blog posting and written by adhinatalia"
search me on any social media using my name
-adhinatalia-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klo menurut teman2 bagaimana? Silakan komen2nya..